line-height

Selasa, 15 April 2014

GINJAL


Oleh. Herwin A. Hi. Adam, SKM
   
            Meskipun berukuran kecil, kira-kira seukuran mouse computer konvensional, ginjal sangat penting untuk kesehatan dan kualitas hidup kita. Sejumlah peran dilakukan oleh ginjal, termasuk :
·         Menyaring dan membuang sampah dalam tubuh
·         Membantu mengatur tekanan darah
·         Menjaga kesehatan tulang
·         Merangsang produksi sel darah merah
Ada dua kondisi/penyakit yan paling sering menyebabkan kerusakan pada ginjal, yaitu diabetes sekitar 27%  dan hipertensi sekitar 44% dari total kasus kerusakan ginjal.

Bagaimana Diabetes Merusak Ginjal ???
            Terlalu banyak gula didalam darah pada jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dalam ginjal rusak, maka fungsi penyaringan oleh ginjal tidak berjalan dengan baik, sampa-sampah metabolism akan tetap menumpuk dalam pembuluh darah, dan tubuh akan menyimpan air dan garam lebih dari yang seharusnya.

Bagaimana Hipertensi Merusak Ginjal ???
            Tekanan darah yang tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah di ginjal. Jika pembuluh darah di ginjal rusak maka ginjal akan mengalami gangguan dalam melakukan tugasnya untuk membersihkan darah. Karena itu seseorang dengan riwayat penyakit diabetes dan hipertensi agar memantau fungsi dan kesehatan ginjalnya secara berkala.

Ginjal yang Rusak Membahayakan Jantung !!!
            Rusaknya ginjal menyebabkan menumpuknya zat-zat yang seharusnya dibuang dan dapat membahayakan jantung seperti fosfor, kalsium dan homosistein. Selain  itu ginjal tidak mampu lagi mengatur keseimbangan tekanan darah sehingga jantung bekerja lebih berat yang membahayakan  kesehatan jantung. Itu sebabnya ginjal yang rusak akan membahayakan fungsi jantung, sebaliknya dengan melindungi ginjal, kita telah menyelamatkan jantung.

Tidak Diabetes atau Hipertensi, Mungkinkah Beresiko Penyakit Ginjal ???
Diabetes dan hipertensi memang penyebab penyakit ginjal paling umum, namun ada kondisi lain yang patut diwaspadai karena juga beresiko menyebabkan penyakit ginjal, seperti :
·         Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, seperti ibuprofen, secara berlebihan atau dalam jangka waktu lama
·         Penyalahgunaan obat-obatan/zat tertentu, seperti kokain, heroin dll
·         Peradangan pada ginjal ( nefritis )
·         Adanya riwayat penyakit ginjal pada anggota keluarga
·         Kelahiran premator
·         Usia di atas 50 tahun
·         Penyakit tertentu seperti lupus, anemia sel sabit ( sickle cell anemia ), kanker, AIDS, hepatitis C dan gagal jantung berat
Bagi yang mempunyai kondisi seperti diatas perlu mewaspadai resiko penyakit ginjal

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar